Bandung Banjir, Tol Pasteur Ditutup Satu Jam

Jasasumurborbandung.com Banjir merendam kendaraan yang melintas di Jalan Pasteur. Lokasi parkir mal Bandung Trade Center yang diparkir di Jalan Pasteur juga ikut terendam. Sebagian mobil di jalanan bahkan juga terseret banjir. Seperti diterjang tsunami kecil di jalan.

Disamping Pasteur, banjir juga merendam Jalan Pagarsih dengan ketinggian air sampai 150 sentimeter dan Jalan Nurtanio setinggi 120 sentimeter. Banjir mengalir dengan cepat serta semuanya drainase perkotaan meluap. “Saluran drainase perkotaan tak dapat mengalirkan aliran permukaan hingga berlangsung banjir, ” kata Sutopo.


Banjir mengakibatkan beberapa ratus rumah terendam. Sebagian rumah rusak akibat tergerus banjir di bantaran Kali Cilimus. Banjir juga menjebol pagar SMAN 9 Bandung hingga merendam ruangan kelas serta ruangan guru dengan ketinggian air sekitaran 90 sentimeter.

Menurut Sutopo, sekarang ini beberapa banjir sudah surut. Keadaan topografi yang miring mengakibatkan banjir cepat surut. “Masyarakat mulai bersihkan rumah dari lumpur, ” ucapnya.

BNPB mengimbau untuk tingkatkan kewaspadaan hadapi banjir serta tanah longsor. Badan Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika memperkirakan curah hujan selalu bertambah. Fenomena intensitas La Nina lemah diperkirakan bakal meluruh pada Desember 2016. Sedang Dipole Model masihlah menguat hingga curah hujan di beberapa besar lokasi Indonesia bakal bertambah. Momen hujan berlebihan diperkirakan bakal bertambah hingga potensi banjir, longsor, serta puting beliung bakal bertambah.